Struktur Kurikulum Merdeka
Struktur kurikulum di Kurikulum Merdeka didasari tiga
hal, yaitu berbasis kompetensi, pembelajaran yang fleksibel, dan karakter
Pancasila.
Berikut adalah beberapa prinsip pengembangan struktur
Kurikulum Merdeka.
Struktur Minimum
Struktur kurikulum minimum ditetapkan oleh pemerintah
pusat. Namun, satuan pendidikan bisa mengembangkan program dan kegiatan
tambahan sesuai dengan visi, misi, dan sumber daya yang tersedia.
Otonomi
Kurikulum memberi kemerdekaan pada satuan pendidikan dan
guru untuk merancang proses dan materi pembelajaran yang relevan dan
kontekstual.
Sederhana
Perubahan dari kurikulum sebelumnya dibuat seminimal
mungkin, namun tetap signifikan. Tujuan, arah perubahan, dan rancangannya
dibuat jelas sehingga mudah dipahami sekolah dan pemangku kepentingan.
Gotong Royong
Pengembangan kurikulum dan perangkat ajar adalah hasil
kolaborasi puluhan institusi, di antaranya Kementerian Agama, universitas,
sekolah, dan lembaga pendidikan lainnya
Struktur kurikulum pada PAUD
Kegiatan Pembelajaran Intrakurikuler | Kegiatan pembelajaran intrakurikuler dirancang agar anak dapat mencapai kemampuan yang tertuang di dalam Capaian Pembelajaran. Intisari kegiatan pembelajaran intrakurikuler adalah bermain bermakna sebagai perwujudan “Merdeka Belajar, Merdeka Bermain”. Karena itu, kegiatan yang dipilih harus memberikan pengalaman yang menyenangkan dan bermakna bagi anak. Kegiatan juga perlu didukung oleh penggunaan sumber-sumber belajar yang nyata dan ada di lingkungan sekitar anak. Sumber belajar yang tidak tersedia secara nyata dapat dihadirkan dengan dukungan teknologi dan buku bacaan anak |
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila | Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bertujuan untuk memperkuat upaya pencapaian Profil Pelajar Pancasila yang mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak untuk PAUD). Penguatan Profil Pelajar Pancasila di PAUD dilakukan dalam konteks perayaan tradisi lokal, hari besar nasional, dan internasional. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilaksanakan menggunakan alokasi waktu kegiatan di PAUD. |
Alokasi waktu pembelajaran di PAUD
PAUD usia 3–4 tahun | Paling sedikit 360 menit (6 jam) per minggu |
PAUD usia 4–6 tahun | Paling sedikit 900 menit (15 jam) per minggu |
Posting Komentar